Kamis, 04 Juni 2015

Adil terhadap Diri Sendiri


Assalamualaikum. Kali ini saya menulis tema tentang Manusia dan Keadilan.
Apakah arti dari kata adil?Adil menurut kamus besar bahasa Indonesia berarti tidak berat sebelah, tidak memihak, berpihak pada yang benar, berpegang pada kebenaran, sepatutnya, dan tidak sewenang-wenang. Sedangkan menurut ilmu akhlak adalah meletakan sesuatu pada tempatnya, memberikan atau menerima sesuatu sesuai haknya, dan menghukum yang jahat sesuai haknya, dan menghukum yang jahat sesuai dan kesalahan dan pelanggaranya.

Kemudian, apa yang dimaksud adil terhadap dirisendiri?

Berlaku adil pada diri sendiri yaitu menempatkan diri pada tempat yang baik dan benar. Diri kita harus terjaga dan terpelihara dalam kebaikan dan keselamatan, tidak menganiaya diri sendiri dengan menuruti hawa nafsu yang akibatnya dapat mencelakakan diri sendiri. Allah berfirman yang artinya; “Dan barang siapa yang melanggar hukum-hukum Allah, maka sesungguhnya dia telah berbuat zalim terhadap dirinya sendiri,”(QS. Ath-Thalaq: 1). Padahal kezaliman adalah suatu perbuatan yang bertentangan dengan keadilan.

Contoh berlaku adil terhadap diri sendiri adalah memenuhi hak badan untuk istirahat. Seperti yang saya lakukan di kuliah arsitektur yang dipenuhi oleh segudang tugas yang membuat kebanyakan mahasiswa rela untuk begadang. Dalam hal ini kita harus berlaku adil terhadap badan sendiri, artinya mengimbangi mengerjakan tugas dengan istirahat dan dengan begitu tubuh tidak menjadi sakit.


Sumber referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar