Jumat, 05 Juni 2015

Tanggung Jawab yang Besar bagi Seorang Arsitek

Assalamualaikum sahabat. Disini saya akan mengangkat tema tentang manusia dan tanggung jawab. Selama saya kuliah di arsitektur saya mendapat banyak pengetahuan tentang dunia arsitektur. Saya telah menyadari peran arsitek yang sangat besar sebagai perancang peradaban dan kehidupan yang harus bersahabat dengan alam.

Saat ini bumi tempat dimana kita tinggal sudah semakin tua. Bumi menjadi bertambah panas sehingga mengakibatkan mencairnya bongkahan es di kutub dan mengakibatkan naiknya permukaan laut. Negeri kita Indonesia yang merupakan negara kepulauan menjadi sangat rentan tenggelam. Inilah yang disebut global warming. Semua itu adalah ulah kita sendiri sebagai manusia yang kurang bersahabat dengan alam.

Dan tahukah kalian jika bangunan adalah penyebab terbesar pemanasan global? Berdasarkan riset sebuah lembaga di Amerika serikat menyatakan bahwa 68% total emisi gas karbon dioksida (CO2) dihasilkan oleh gedung bertingkat. Hal itu merupakan kekhilafan seorang arsitek yang tidak memerhatikan kondisi alam dalam merancang bangunannya.

Mengetahui hal itu membuat saya tersentak kaget karena begitu besarnya peran seorang arsitek dalam mengelola lingkungan. Hal ini membuat saya menjadi semangat unutk membuat desain lebih bersahabat dengan alam dan hemat energi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar